Rabu, 26 September 2012

MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN

 

Manfaat daun sirsak bagi yang belum tahu sebaiknya baca informasi berikut ini tanpa terlewatkan sedikitpun. Pasalnya, daun dari buah berwarna putih, memiliki biji, dan mempunyai duri tersebut banyak memilki manfaat yang baik bagi tubuh. Hampir setiap bagian dari pohon sirsak ini punya khasiat beragam. Bahkan menurut beberapa peneliti, menemukan sebuah kandungan zat yang dapat menetralisir kanker dalam tubuh.


Kandungan berbagai senyawa di dalamnya yang berperan sebagai antioksidan dan antikanker menjadikan daun sirsak mampu bekerja dengan sangat baik dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit degeneratif.

Setiap daerah di Indonesia memiliki sebutan sendiri untuk Buah yang bernama latin Annona muricata L ini berasal dari Karibia, Amerika tengah, dan Amerika selatan. Misalnya seperti orang jawa yang menyebut sirsak sebagai nongko londo, nangka buris sebutan oleh orang Madura, dan srikaya jawa sebutan untuk sirsak bagi orang Bali. Apapun namanya yang penting buah ini memiliki khasiat berbagai ragam. Bahkan, manfaat daun sirsak banyak dijadikan sebagai obat alternatif bagi penyakit dalam tubuh.

Disini, saya postingkan beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.
Semoga bermanfaat bagi para pembaca..!!!

Khasiat Daun Sirsak Sebagai Antikanker

khasiat daun sirsak
Khasiat daun sirsak,- Seperti yang telah di sebutkan di atas, khasiat daun sirsak sebagai antikanker khasiat daun sirsak yang paling luar biasa. Berbagai peneliatian ilmiah menemukan fakta bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa antikanker yang bernama acetogenins. Acetogenins ini memiliki daya kerja 10.000 kali lipat lebih kuat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi dengan menggunakan adriamicyn.

Dalam menghambat sel kanker, daun sirsak akan bekerja dengan sangat selektif, ia hanya akan mamatikan sel kanker tanpa melukai sel yang masih sehat. Dari segi efek sampingnya, daun sirsak tidak akan menimbulkan efek samping seperti halnya pada pengobatan kemoterapi. Mual berlebihan, berat badan berkurang, dan rambut rontok tidak akan terjadi dengan pengobatan menggunakan daun sirsak.

Khasiat daun sirsak sebagai antikanker ditunjukan dengan reaksi daun sirsak yang sigap untuk menghadang pertumbuhan sel kanker. Adapun cara kerja daun sirsak sebagai antikanker antara lain:
  • Inaktivasi Karsinogen : Khasiat daun sirsak dapat menonaktifkan zat aktif yang dapat menyebabkan kanker.
  • Antiproliferasi : Dapat menghambat proses perbanyakan sel yang abnormal pada kanker
  • Penghambat siklus sel : Pada kanker dapat terjadi tidak berhasilnya pengendalian siklus pembelahan sel. Dimana sel akan mengalami pembelahan secara tepat dan terus menerus. acetogenins sebagai zat ber khasiat daun sirsak dapat berfungsi untuk menghambat siklus pembelahan sel abnormal ( kanker ) tersebut.
  • Induksi apoptosis dan diferensiasi : Dapat merangsang proses bunuh diri pada sel kanker.
  • Inhibisi angiogenesis : Dapat menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang bertugas dalam menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Apabila sel kanker tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka sel kanker akan melemah dan kemudian mati.
cara kerja dan khasiat daun sirsak ini sebagai antikanker  mampu menghambat sel kanker dengan kekuatan 10.000 kali lipat dibandingkan dengan kemoterapi. 
Dan dibawah ini, beberapa khasiat atau manfaat lain dari daun sirsak yang mungkin berguna bagi pembaca. antara lain:

1. Mengobati Sakit Pinggang: Ambil 20 lembar daun sirsak, lalu direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tinggal3 gelas, diminum setelah dingin 1 kali sehari 3/4 gelas.

2. Pengobatan Bayi Mencret: Ambil Buah sirsak yang telah masak dan selanjutnya buah sirsak tersebut diperas dan disaring untuk diambil airnya saja, Berikan dengan cara meminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 3-4 sendok makan hingga sembuh penyakitnya.

3. Obat Ambeien: Ambil buah sirsak yang sudah masak. Lalu peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Mengobati Bisul: Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan di tempat yang terkena bisul hinggal bisul mengering.

5. Obat Anyang-anyangen: Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Lalu buah sirsak tersebut dikupas dan direbus dengan gula tadi bersama-sama dengan campuran air sebanyak 2 gelas, setelah itu disaring dan diminum rutin.

6. Sakit Pada Kandung Air Seni: Ambil buah sirsak setengah masak, gula pasir dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tadi dimasak seperti membuat kolak. Dimakan biasa dan terus dilakukan secara rutin setiap hari selama kurang lebih 1 minggu berturut-turut.

7. Mengobati Penyakit Liver: Puasa untuk memakan makanan lain, hanya minum juice buah sirsak selama 1 minggu penuh.

8. Ampuh untuk Eksim dan Rematik: Tumbuk beberapa helai daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit hingga tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.

9. Manfaat Bunga Sirsak: Bunga sirsak juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit katarak namun bagaimana cara penggunaannya penulis belum mengetahui secara pasti. Nanti jika saya sudah dapatkan infonya akan penulis tuliskan di sini…

Itulah beberapa manfaat buah sirsak yang bisa kita ambil dari mengkonsumsi buah yang mempunyai daging yang lunak ini. Tapi bagi anda yang mempunyai bibit penyakit malaria harus sedikit berhati-hati mengkonsumsi buah sirsak, Karena rasanya yang asam dapat membangkitkan penyakit malaria yang ada di tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar