Minggu, 07 April 2013

Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan



             Nanas buah sangat populer di negara ini, datang dari Brasil dan memiliki kelebihan yang mengandung kekaguman. Buah nanas memiliki beberapa keunggulan yang patut di acungi jempol. Nanas dapat menumpahkan kelebihan lemak dalam tubuh. Berkat nanas, yang memiliki lemak tubuh secara bertahap menjadi lebih tipis dan slim.
             
             Buah yang kulitnya dipenuhi sisik emas membuat sistem pertahanan tubuh menjadi solid. Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Besi, Natrium, Kalsium, Dekstrosa, Sukrosa, serta Enzim bromelain yang tersimpan dan buah nanas merupakan peluru tangguh yang bisa melawan serangan penyakit serius, seperti: Tumor, Aterosklerosis(penyempitan pembuluh darah), dan biri-biri.
               Nanas merupakan tanaman obat yang berpotensi. Menurut Drs. Setiawan Dalimartha dalam bukunya, Atlas Tanaman Obat Indonesia, enzim bromelain dalam buah ini, sebagai anti inflamasi kuat, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan kanker, dan mecegah pembekuan darah(koagulasi darah). Nanas memiliki serat cukup tinggi, perawatan yang tepat konstipasi. Makan buah nanas, itu berati sama saja minum obat pencahar. Akibatnya, usus besar yang telah tersendat menjadi lancar kembali. Nanas juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sakit. Dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat dalam tubuh.

Beberapa Khasiat Buah Nanas
1. Pengangkatan Sel Kulit Mati
Nanas buah dan daun juga berguna untuk membersihkan jaringan kulit mati(debridement kulit). Sebuah percobaan dilakukan pada tikus yang beberapa mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit mati dari luka bakar. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan muncul sehat.

2. Menurunkan Berat Badan
Ambil 1 buah nanas tidak terlalu matang, dikupas dan kemudian dicuci bersih. Jus buahnya, lalu peras airnya menggunakan kain bersih. Minum air dan nanasnya, Terapkan 2x sehari.

3.Sembelit
Pilih nanas yang belu masak 3 buah, Kupas dan cuci bersih, Parut atau jus, kemudian peras airnya. Minum jus nanas 2x sehari setelah makan.Masing-masing setengah cangkir.

4. Sakit Tenggorokan
Sediakan 2 buah nanas masak, Kupas kulit, cuci bersih, potong seperlunya, kemudian parut atau dibuat jus. Peras airnya, minum 3x sehari, setiap bagian 1/3.

5. Kembung atau Pencernaan Terganggu
Jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan. Lakukan 3x sehari sekitar masing-masing 1/2 cangkir(150cc).

6.Ketombe
Sediakan nanas matang 1/2 buah. Kupas kulit, diparut, diperas dan disaring airnya. Tambahkan air jeruk nipis 1 sendok teh kedalam air nanas. Aduk rata, kemudian gosokan pada kulit kepala dari ketombe. Lakukan sebelum tidur da keramaslah keesokan harinya. Lakukan 2-3x seminggu.

7. Radang Kulit
Sediakan Nanas matang 1/2 buah. Kupas, cuci bersih,dan parut buahnya. Gosokan pada kulit yang sakit. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Tinggalkan semalam dan cuci keesokan harinya.

8. Gatal dan Bisul
Ambil beberapa helai daun nanas, cuci bersih dan tumbuklah daun tersebut. Balurkan pada kulit yang sakit.


Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar